Ditulis pada 06 Juli 2017 oleh Prof Wim Poli.
Revolusi teknologi transportasi, komunikasi, dan informasi, membuat dunia menjadi tanpa batas, seakan-akan menjadi kecil. Pariwisata kian mengglobal, dengan berbagai sensasi yang ditawarkan pada peristiwa dan obyek wisata yang dikunjungi. Di setiap lokasi wisata biasanya tersedia berbagai suvenir kecil, yang menarik untuk dibeli dan dimiliki para wisatawan. Benda-benda kecil, yang mungkin murah itu, menjadi barang berharga di benak wisatawan. Sebuah pengalaman menghasilkan sensasi, yang terekam di dalam ingatan, dan menjadi acuan untuk menghasilkan dan menanggapi pengalaman baru di kemudian hari.
Jika barang yang sama dibeli dan diberikan kepada orang lain di rumah, yang tidak mengalami sendiri sensasi peristiwa wisata, sensasi kepemilikannya tidak sama dengan sensasi kepemilikan sang wisatawan.
Hal-hal yang kecil, seperti suvenir kecil, dapat bermakna besar di dalam kehidupan ini. Dalam perjalanan hidup seseorang, sebuah pengalaman kecil di masa kecil, dapat bermakna besar setelah orangnya sudah besar. Manajemen Masa Depan dapat terjadi melalui kreasi sensasi kecil, kini dan di sini, oleh para pendidik. Bentuknya?
Renungan: Dihubungkan dengan Manajemen Pendidikan, sensasi kecil-kecilan apa yang dapat direkayasa dalam proses belajar di usia dini, yang membuat pembelajar mau terus belajar sepanjang hidupnya?
No comments:
Post a Comment